Saat ini industri gaming makin populer dan memiliki banyak penggemar setia. Maka tak heran setiap developer mulai berlomba-lomba membuat sistem operasi terbaik untuk memuaskan pengguna. Jika Anda adalah salah satu penggemar game, maka pastikan Anda tahu sistem operasi terbaik untuk gaming.

AVvXsEj KPfSEMgEuBfUjRNWeailndYcO5LiSF897gdG566GooqzqAaDZpI9wAVFtPmydLMtYQl5a2vr6eKtpICQId8oBv4hL9vf 5lYJDWx QFzEAhacWrt3Ug8eK5612FGQRntwU9COqxk VwBZsdngZDal0YyconG2rN5sBJwvrrRVPpKUrBSRBEqroXD=w640 h426

Sistem operasi yang baik Akan membantu meningkatkan performa permainan Anda. Tentu Anda harus memilih Sistem Operasi atau Operating System (OS) yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Inilah Sistem Operasi Terbaik Untuk Gaming

Jika berbicara mengenai apa sistem operasi terbaik untuk gaming, maka terlebih dahulu Anda harus tahu apa itu sistem operasi. Berikut adalah penjelasan mengenai sistem operasi yang harus Anda pahami :

Apa Itu Sistem Operasi?

Sistem operasi atau biasa disebut OS merupakan perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk menjalankan program, mengoperasikan perangkat keras, dan bertugas sebagai kerangka kerja untuk setiap komputer yang Anda gunakan.

Misalnya saja seluruh Mac yang menggunakan macOS sebagai OS yang dipatenkan oleh Apple. Demikian pula dengan Microsoft yang menggunakan berbagai versi Windows  untuk OS nya. OS sendiri haruslah memiliki aspek minimum seperti penggunaan memori, jenis CPU, dan sebagainya. 

Apabila Anda adalah tipikal pengguna yang hanya mementingkan tampilan sistem operasi, maka Anda cukup memperhatikan antarmuka pengguna (User Interface/UI) dan pengalaman pengguna (User Experience/UX). Lalu, bagaimana jika Anda ingin memainkan game seperti Call of Duty: Black Ops Cold War atau Assassin’s Creed Valhalla? Tentu saja Anda membutuhkan sesuatu yang OS yang lebih kuat daripada OS rinky-dink.

Meskipun memang tidak sepenuhnya mirip konsol, namun beberapa OS lebih optimal untuk bermain game daripada yang lain. Anda hanya perlu memilih sistem operasi terbaik untuk gaming yang sesuai kebutuhan Anda.

3 Sistem Operasi Terbaik Untuk Gaming

Berikut adalah beberapa sistem operasi terbaik untuk gaming yang perlu Anda coba :

1. Windows 10

Siapa yang tak akrab dengan Windows? OS populer ini ternyata merupakan salah satu rekomendasi sistem operasi terbaik untuk gaming . Saat ini, keluaran terbaru dari windows adalah Windows 10 . Saat pertama kali diluncurkan, Windows 10 memiliki berbagai masalah karena kendala driver. 

Namun, saat ini developer telah melakukan pembaruan driver dan Windows 10 sudah tidak memiliki masalah internal lagi. Bahkan kabar baiknya, semua tes benchmark populer Windows 10 juga menawarkan full frame rate. Namun untuk mendapatkan fasilitas ini Anda harus memiliki perangkat keras yang sesuai untuk mendukungnya.

Windows 10 juga telah dioptimalkan secara khusus untuk bermain game, misalnya saja untuk Game Mode dan DirectX 12. Belum ada sistem lain yang mampu menawarkan dukungan tanpa batas untuk game DirectX 12 sebagaimana Windows 10. 

2. Linux

Perlu Anda tahu bahwa Linux bukan OS tunggal. Linux merupakan kumpulan berbagai sistem operasi atau distribusi yang berbeda tergantung kernel Linux open-source. Tentu saja jika dibandingkan dengan Windows 10, Linux memiliki fitur yang lebih canggih, fleksibel, dan persyaratan perangkat keras tidak rumit. 

3. MacOS

Salah satu yang membuat MacOS spesial adalah karena dia menggunakan perangkat kerasnya sendiri. Sebagian besar game yang dikembangkan untuk game PC tanpa memikirkan macOS, inilah yang membuat game versi Mac sangat mirip dengan game PC. Menariknya, game tersebut bisa dijalankan di Mac menggunakan adaptasi minimum.

Meski begitu, sebenarnya game-game tersebut tidak dioptimalkan untuk Mac, namun hanya  diadaptasi. Akibatnya, banyak game yang ada di MacOS yang hanya memiliki kecepatan bingkai ⅔ dari Windows.

Itulah penjelasan mengenai sistem operasi terbaik untuk gaming. Dari beberapa pilihan diatas, Anda dapat memilih sistem operasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.