Masalah dalam melakukan coding pemrograman seringkali terjadi. Dari banyaknya kesalahan pada coding, kesalahan yang sulit untuk ditemukan adalah Logical Error. Maka dengan ini kami akan mengulas Logical Error dan cara atasinya dengan tepat pada artikel kali ini.

Apa Itu Logical Error?

logical-error

Dalam melakukan pemrograman coding tentu Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah error salah satu di antaranya Logical Error. Lalu, sebetulnya apa sih Logical Error itu?

Ketika Anda belum benar-benar memahami aturan penulisan bahasa pemrograman sehingga menyebabkan kesalahan dalam menulis aturannya.

Logical Error merupakan kesalahan yang paling sulit untuk ditemukan atau diidentifikasi, sebab Anda tidak akan mendapatkan notif pesan kesalahan tapi berakhir pada hasil yang tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. 

Penjelasan sederhana Logical Error merupakan kesalahan yang muncul pada saat Anda belum memahami algoritma pemrograman dengan baik. Algoritma merupakan prosedur langkah dalam memecahkan sebuah masalah. Masalah error yang diakibatkan oleh algoritma biasa disebut juga dengan kesalahan logika. 

Dalam mendeteksi Logical Error tentu Anda sebagai pemrogramannya harus melakukan deteksi kesalahan sendiri. 

Contoh Kesalahan Logical Error

Salah satu contoh Logical Error yang dapat terjadi ketika Anda melakukan coding perulangan serta memberikan nilai yang maksimal tak terbatas atau kesalahan terjadi dalam memakai variabel atau perhitungan saat melakukan coding.

Contoh kesalahan lain Logical Error yang sederhananya adalah saat Anda melakukan perhitungan dengan hasil yang salah atau kesalahan yang terjadi karena penggunaan operator yang salah.

Contohnya kesalahan logika lainnya yang dapat terjadi yakni menggunakan operator pembagian(/) daripada perkalian (*) saat pemrograman seperti syntax error. 

Cara Mengatasi Logical Error

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwasannya Logical Error ini disebabkan oleh adanya kesalahan algoritma nya. Lalu, Bagaimana cara memperbaiki jenis kesalahan logical error? Maka yang harus Anda lakukan dalam mengatasinya adalah memperhatikan algoritma nya. Tak hanya itu adapun cara turunan selain algoritma yang harus Anda perhatikan lebih hati-hati. Di antaranya:

1. Fokus Memperhatikan Algoritma

Salah satu cara dalam mengatasinya Anda perlu fokus terhadap algoritma yang Anda gunakan dalam coding, satu saja kesalahan maka hasilnya pun akan dapat berbeda jauh. Maka dari itu sebelum memulai coding Anda perlu memahami algoritma. 

Memahami algoritma memang terlihat sedikit rumit ya? tapi, algoritma ini merupakan kunci yang sangat penting untuk Anda pahami agar tidak terjadi logika error.  

Maka dari itu, asah dulu kemampuan Anda terhadap algoritma pemrogramannya, ya!

2. Tulis Coding dengan Rapi

Meskipun Anda telah  mengasah kemampuan Anda terhadap algoritma coding, jika Anda tidak menulis coding pemrograman secara rapi, kesalahan error dapat terjadi lagi. 

Maka dari itu, Anda wajib menulis coding secara rapi dan tidak acak-acakan sehingga dapat meminimalisir kesalahan pada saat Anda melakukan pemrograman coding.

3. Fokus dan Teliti  

Terakhir dalam mengatasi Logical Error adalah fokus dan teliti. Kenapa harus fokus dan teliti? Sebab, dengan fokus dan teliti Anda bisa menemukan kesalahan pada tulisan coding pemrograman Anda. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kesulitan yang Anda hadapi adalah menemukan kesalahan yang terjadi saat Logical Error, maka dengan fokus dan teliti Anda dapat mendeteksi sumber masalah yang terjadi pada Logical Error sehingga Anda dapat memperbaikinya. 

Nah itulah 3 cara mudah dalam atasi Logical Error, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan penuh kesabaran ya. 

Dengan mengetahui pembahasan Logical Error dan cara atasinya, Anda bisa melakukan coding dengan hati-hati.